Monday, June 18, 2007

Summa Cum Laude

Ketika lagu Gaudeamus dinyanyikan oleh paduan suara di Grawida IPB tanggal 13 Juni 2007, aku terpekur dalam keheningan kalbu dan terlempar dalam konfigurasi sepi.
Lulus dari kelas eksekutif program Manajemen dan Bisnis Sekolah Pascasarjana IPB dalam waktu 17 bulan dengan indeks prestasi kumulatif 4.00 mengantarkanku sebagai bagian dari legenda almamater ke-8 yang lulus summa cum laude sejak program tersebut dibuka.
Dibutuhkan kebesaran hati untuk diwisuda bukan sebagai lulusan terbaik, karena ada teman dari kelas reguler yang kuliah pagi-sore (full time) yang lulus summa cum laude dengan periode waktu kuliah yang lebih pendek 1 trimester. Kebesaran seorang individu juga harus dinilai dari toleransinya menerima ketidakadilan suatu sistem,walaupun reward yang dipersengketakan hanyalah persoalan remeh-temeh kebanggaan akan penyebutan nama sebagai lulusan terbaik dan maju ke depan rektor untuk menerima plakat.
Ketika wisuda digelar, yang kusesali adalah sergapan keterasingan yang datang menjelang ketika berbaris masuk ke aula. Dari 29 orang teman yang bersama berselancar dalam liku-liku gelombang perkuliahan, hanya aku dan Tri yang diwisuda. Dua puluh lima orang lainnya masih berkekutat dengan sanksi denda dan pengurangan nilai tesis. Aku kehilangan momen-momen kebersamaan karena lulus terlalu cepat, seakan aku menyesap wisuda tak lebih seperti minum high noon tea di Coffe Bean and Tea Leaf. Tanpa sensasi, seakan seks tanpa orgasme yang jauh lebih parah dari edi tansil (ejakulasi dini tanpa hasil).
Tinggallah kilas balik perjuangan mendapatkan nilai 4.00 yang jauh lebih mengisi relung hati. Sehingga benarlah kearifan hidup, terkadang proses lebih penting dari pada hasil akhir. Aku menjadi makhluk yang akhirnya memuja proses sebagai bagian dari hasil akhir. Nikmatilah prosesnya, karena belum tentu hasil akhir yang dicita-citakan itu ternyata lebih nikmat. Seperti itulah kehidupan, ketika kita sampai pada saat-saat final day, ternyata final itu tak seperti final yang kita harapkan (walaupun itu jelas-jelas final dengan kondisi yang kita deskripsikan di awal perjalanan hidup).

4 comments:

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonymous said...

Discount flagyl Drug retrovir Drug sinequan RX ashwagandha Generic seroquel Online tenormin

Anonymous said...

comment4, lisa rinna nude, 84337, mario lopez naked, bdwtrl, betsy russell nude, hgrpk,

Unknown said...

شركة مكافحة حشرات بالاحساء
شركة تسليك مجارى بالاحساء
شركة مكافحة النمل الابيض بالاحساء