Wednesday, April 18, 2007

Cinta


Dari buku Anugerah Terindah Untuk Ananda oleh Steven Vanoy diterbitkan oleh Kaifa:

Dahulu kala, dua bersaudara bersama memiliki sebuah ladang gandum dan sebuah penggilinggan. Setelah bersama-sama bekerja keras setiap hari, mereka membagi rata gandum yang mereka hasilkan.


Suatu hari, sang kakak, yang tidak berkeluarga berpikir,"Ini tidak adil! Saya tidak menanggung hidup siapapun, sedangkan adik saya mempunyai keluarga besar yang harus diberi makan." Jadi setiap malam, setelah hari gelap, dia membawa sebagian gandumnya ke tempat penyimpanan gandum adiknya - dan tidak ada seorangpun yang tahu.


Tidak lama setelah itu, sang adik berkata pada dirinya sendiri ,"Ini tidak adil! Kakak saya tidak mempunyai siapa-siapa, sedangkan saya mempunyai anak laki-laki yang akan tumbuh dewasa dan merawat saya kelak." Jadi setiap malam setelah gelap, dia mengambil sebagian dari gandumnya dan membawanya ke tempat penyimpanan gandum kakaknya - dan tidak seorangpun yang tahu.


Namun, suatu hari mereka secara tidak sengaja bertemu di jalan dan mengetahui apa yang telah dilakukan masing-masing. Mereka menangis bahagia karena kedalaman cinta mereka dan pengabdian bagi satu sama lain.

*****

Berapa orang dari kita yang sering membaca di koran atau melihat di televisi bahwa manusia dan saudara yang saling benci dan tega membunuh demi harta. Mereka adalah kakak beradik yang tega menjadi katak beradik, dan hidup dalam tempurung kesadisan dominansi otak kiri. General anxiety disorder yang datang itu seperti seorang kampung yang mendengar cerita temannya bahwa di kota itu makannya enak pakai garpu, maka ketika dia turne ke kota, langsung saja memesan (mengorder) makanan di restoran mewah : "Bang, pesan garpu 3, cepetin ya ...!" Oh my goodness ....

No comments: